Jumat, 08 Maret 2013

Tinta Kecurangan


Mencontek ? siapa yang belum pernah melakukan hal ini. Hampir seluruh pelajar di Indonesia pasti sudah pernah bahkan sering melakukan hal ini. Hal yang kelihatannya sepele tetapi termasuk juga dalam dosa kecil. Mencontek sering kali dilakukan para pelajar yang sudah terdesak oleh waktu akhir saat mereka mengerjakan soal. Sudah kehabisan waktu dan ide untuk mengarang bebas, dan pilihan terakhir yaitu mencontek teman satu ruangan. Banyak faktor yang memaksa sesoeorang melakukan kecurangan ini. Karena mereka malas belajar, tidak mampu menggunakan kemampuan yang sebenarnya telah ia miliki, dan terpengaruh oleh teman-teman yang berada diruangan yang sama.
                Anak-anak jaman sudah pintar menemukan cara mudah mencontek daripada menemukan rumus-rumus baru. Mereka sangat berkreativ saat akan melancarkan aksinya tersebut. Seperti misalnya memasukkan ringkasan yang mereka buat sendri kedalam kaoskaki, menyelipkan hp kedalam baju dan masih banyak lagi cara unik mereka demi mendapatkan jawaban dari temannya. Sejujurnya pada saat mereka membuat ringkasan yang akan dibuat sedemikian kecilnya agar dapat memasuki ruang ujian, mereka sudah terlebih darhulu membaca dan bahkan mengingatnya. Hanya saja anak jaman sekarang malas untuk menggunakan daya ingatnya.
                Tak sedikit juga yang gagal dapam menjalankan aksinya tersebut. Banyak yang tertangkap basah oleh pengawas yang sengang menjaga. Nah kalau sudah begini siapa yang kan dirugian? Sudah pasti kita sendiri. Untuk itu marilah kita belajar dengan sungguh-sungguh agar tidak terjebak dalam permainan kita sendiri dan percaya akan kemampuan diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar